Senin, 25 Februari 2019

Waspada, Sariawan Bisa Sebabkan Kanker Lidah

Written by

Waspada, Sariawan - Pernah ngalamin yang namanya sariawan ? tentunya hal ini bukan hal aneh lagi.  Sariawan merupakan suatu kondisi dimana adanya luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih. Kondisi ini menyebabkan luka yang menyakitkan pada mulut, bahkan kondisi ini juga menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk makan maupun berbicara. 

Sariawan umumnya bukan termasuk jenis penyakit yang mudah menular. Namun, ada beberapa kasus bahwa luka sariawan disebabkan oleh infeksi. Namun, kondisi ini biasanya lebih sering menyerang anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. 

Penyebab sariawan sebenarnya belum diketahui secara pasti, namun beberapa ahli menduga bahwa sariawan disebabkan oleh gangguan sistem imun, bakteri, serta virus. Penyakit sariawan umumnya diderita oleh remaja usia 10 hingga 19 tahun. Hal ini disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan mulut. 

Waspada, Sariawan Bisa Sebabkan Kanker Lidah 

Perlu untuk anda ketahui, jika mengalami sariawan yang tak kunjung sembuh hal tersebut harus diwaspadai. Karena jika sariawan tak kunjung sembuh bisa saja hal tersebut merupakan pertanda adanya penyakit kanker lidah. Gejala awal kanker lidah memang mirip dengan sariawan. Bedanya, pada lidah sariawan luka tempatnya berpindah-pindah, sedangkan pada kanker luka tersebut terasa keras dan juga tak kunjung sembuh. 

Bahkan kondisi ini juga dapat menyebabkan lidah terasa sakit, mati rasa, bahkan mengalami pembengkakan yang akan menyebabkan perubahan pada suara. Tidak hanya itu saja, kondisi ini juga menyebabkan lidah menjadi kesulitan untuk bergerak, dan bahkan juga mengalami kesulitan untuk membuka mulut. 

Penyebab kanker lidah umumnya disebabkan oleh merokok, konsumsi alkohol, serta kurang menjaga kebersihan rongga mulut. Kondisi ini merupakan kondisi yang sangat serius yang tidak boleh dibiarkan begitu saja, kondisi ini perlu segera melakukan cara mengobati kanker lidah dengan cepat. Biasanya kanker lidah lebih sering diatasi dengan cara operasi. 

Padahal masih banyak cara untuk mengobati kanker lidah tanpa harus melakukan operasi. Cara mencegah kanker lidah juga dapat dilakukan oleh anda untuk mencegah terjadinya kanker lidah. Bahkan pencegahan di lidah juga bisa anda lakukan  agar anda tidak mengalami kanker lidah. 

Dan itulah sekilas informasi mengenai sariawan, semogha bermnafaat dan sampai jumpa. 

Tidak ada komentar: